Powered By Blogger

Jumat, 29 Januari 2010

Sistem Rangka

Tubuh kita ditopang dan organ-organ dalam tubuh dilindungi oleh susunan TULANG yang kuat, namun lentur disebut rangka. Tulang-tulang dihubungkan melalui SENDI sehingga memungkinkan terjadinya gerakan.
Selain untuk melindungi dan menggerakkan tubuh, tulang menyimpan cadangan kalsium (Ca) yang penting agar sistem saraf dan otot dapat berfungsi.
Tulang juga mengandung sumsum tulang yang menghasilkan sel darah merah dan menyimpan lemak.

a) Rangka Manusia
Rangka manusia dewasa terdiri atas 206 jenis tulang. Bayi bahkan memiliki 270 tulang, namun sebagian dari tulang-tulang ini melebur pada saat dewasa. Beberapa tulang utama, dan kelompok tulang, telah diberi nama.
Tulang-tulang ini dibagi menjadi 2 bagian : rangka sumbu (skeleton aksial), terdiri dari tulang-tulang penyusun kepala, tulang pinggang, rusuk, dan tulang dada, serta rangka tambahan (skeleton apendikuler), yang terdiri dari tulang kaki dan tangan, panggul, bahu, dan tulang selangka.
Gambar >>


b) Tengkorak
Tulang tengkorak terdiri atas 22 tulang (belum termasuk tiga tulang di bagian tengah tiap telinga). Tulang-tulang tengkorak utama diperlihatkan dalam gambar tengkorak ini :

Mereka terbagi menjadi dua kelompok besar. Satu bagian (mencakup tulang frontal, parietal, dan temporal) menutupi seluruh bagian otak dan saling menyatu membentuk tengkorak. Sisanya membentuk tulang-tulang wajah.

c) Tulang Belakang
Struktur tubuh yang sangat fleksibel ini disebut ruas tulang belakang, berfungsi sebagai penyangga kepala dan tubuh serta melindungi jaringan lunak pada saraf sumsum tulang belakang. Tulang belakang terdiri dari 33 tulang yang disebut vertebra, dipisahkan oleh cakram tulang belakang (intervertebral) yang berfungsi sebagai peredam kejut.
Gambar >>



Keterangan : *Klik pada gambar apabila gambar tidak terlalu jelas*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar