Powered By Blogger

Senin, 25 Januari 2010

Sistem Tubuh Manusia

Tubuh kita tersusun dalam beberapa sistem dengan fungsi yang berbeda-beda.
Bagian terkecil dari tubuh adalah SEL yang memiliki ciri-ciri khusus.
Kumpulan sel membentuk JARINGAN, dan beberapa jaringan tersusun menjadi ORGAN.
Sistem tubuh yang berbeda terdiri atas berbagai jenis sel, jaringan, dan organ yang saling bekerja sama melaksanakan fungsi tertentu.

a. Sistem Otot
> Sistem otot terdiri dari lapisan-lapisan otot yang menutupi tulang dan sendi. Otot dapat berkontraksi dan berelaksasi untuk menghasilkan gerakan.

b. Sistem Rangka
> Sistem rangka sangat kuat, namun lentur, tersusun dari jaringan tulang dan sendi. Sistem ini menjadi penopang tubuh sekaligus melindungi organ-organ bagian dalam.

c. Sistem Peredaran Darah
> Sistem ini terdiri dari jantung dan jaringan pembuluh yang menyalurkan darah. Sistem ini menyuplai oksigen dan nutrien ke sel-sel tubuh dan membuang zat sisa.

d. Sistem Saraf
> Sistem saraf merupakan sistem pengendali utama tubuh. Sistem ini terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan saraf tersebar di seluruh tubuh.

e. Sistem Limfatik
> Sistem ini tersusun atas pembuluh yang menampung cairan dari jaringan tubuh dan menyalurkannya kembali ke pembuluh darah. Sistem ini juga memiliki sel-sel yang melindungi tubuh dari infeksi.

f. Sistem Pernapasan
> Sistem pernapasan berfungsi dan berpusat di paru-paru, mengambil oksigen menyerapnya ke pembuluh darah. Sistem ini juga membuang zat sisa seperti karbon dioksida (CO2).

g. Sistem Endokrin
> Berbagai jenis proses di dalam tubuh, seperti pertumbuhan dan produksi energi, terjadi karena adanya hormon. Zat-zat ini dihasilkan dari kelenjar di dalam sistem endokrin.

h. Sistem Pencernaan
> Sistem ini memproses makanan yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Sistem ini mencerna makanan menjadi nutrien, dan menyerapnya ke dalam pembuluh darah.

i. Sistem Uriner
> Sel-sel tubuh menghasilkan zat sisa, banyak diantaranya berbentuk urine. Tugas sistem ini yaitu menghasilkan urine dan membuangnya dari tubuh kita.

j. Sistem Reproduksi
> Organ-organ reproduksi pada laki-laki dan perempuan menghasilkan sel sperma (laki-laki) dan sel telur (perempuan). Kedua sel dapat melebur untuk menghasilkan keturunan.


Berikut Gambar-gambarnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar